Mengenal Beragam Jenis Genre Musik EDM, Kamu Harus Tahu.

Electronic dance music (EDM) kini telah menjadi genre musik populer di antara berbagai kelompok masyarakat. Popularitasnya semakin meningkat dan hal ini dibuktikan dengan banyaknya lagu genre ini di berbagai chart. Sebagai penggemar musik, Anda pasti pernah mendengar lagu-lagu dari Skrillex, David Guetta, Martin Garrix, Calvin Harris, dan masih banyak lagi.

EDM juga dibagi menjadi subspesies yang berbeda. Namun, ciri pembeda utama musik EDM terbagi menjadi tiga bagian, yaitu melodi, variasi majemuk, dan juga BPM (ketukan per menit). Bagaimana? ‘Atau apa? Apakah Anda semakin penasaran dengan subgenre pop? Oleh karena itu, kami mengundang audiophile untuk mengetahui genre atau genre musik EDM dengan ulasan berikut ini. Simak ceritanya sebelum EDM Music Journey.

Siapa sangka genre musik elektronik akan semakin populer dan mempengaruhi gaya musik lain seperti Boards of Canada, Aphex Twin, Autechre, Goldfrapp, dan Björk? Dan di Italia ada Jean Frey Robert Hall, pelopor genre musik rock herbal dan elektronik. Selain itu, banyak pula nama panggung seperti Klaus Schulze, Jean Michel Jarre dan Vangelis yang juga membuat genre musik tersebut digemari.

Berikut ini adalah beberapa jenis musik EDM yang wajib kamu ketahui

1. House Music

Sub-genre musik EDM yang paling populer saat ini adalah musik rumah. Kata “rumah” pada nama subspesies ini berasal dari nama sebuah klub malam di Chicago, USA bernama The Warehouse. Musik rumah memiliki ritme yang ceria dan menyegarkan. Jumlah ketukan yang dibutuhkan untuk menciptakan ritme ini kira-kira 126 sampai 128 ketukan per menit.

Genre di edm

Selain perkusi, senar piano terkadang juga mendominasi sub-genre house music. Beberapa nama DJ atau musisi yang saat ini bekerja di sub-genre ini antara lain Calvin Harris, James “Jack Rabbit” Martin, Hardwell, dan banyak lagi. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang subgenre Musik Rumah EDM, putar beberapa karya Calvin Harris.

2. Techno

Genre artistik musik EDM berasal dari dunia musik pada awal 1980-an, berkat penggunaan berbagai teknologi. Awal genre berasal dari Detroit dari campuran sequencer, ketukan drum, dan synthesizer. Kehalusan teknologi dalam genre EDM juga dapat diukur dari segi teknis musik setiap saat. Beberapa musisi yang memasukkan jenis musik ini ke dalam musik mereka antara lain Richie Howton, Karl Cox, dan Adam Bayer.

3. Trance

Jenis trans EDM memiliki ritme yang berbeda sekitar 125-160 denyut per menit dan diketahui muncul di Jerman pada awal 1990-an. Arti istilah Trans yang digunakan dalam bahasa di subgenre musik EDM adalah keadaan bawah sadar. Artinya, musik ini dapat membangkitkan sensasi emosional dan mempesona pendengarnya melalui kombinasi irama musik, suara, dan melodi yang berulang-ulang. Beberapa nama musisi ternama yang menjadikan subgenre EDM populer antara lain Neelix, Above & Beyond, BY, Armin Van Buuren, dan lain-lain.

4. Drum & Bass

Irama rata-rata jenis drum dan bass adalah 160-180 ketukan per menit. Genre musik EDM pertama kali diperkenalkan di London pada 1990-an dan didominasi oleh bass dan drum. Beberapa nama musisi yang membuat jenis musik ini populer antara lain Wilkinson, Goldie, Sub Fox, dan masih banyak lagi.

5. Dubstep

Musik ini memiliki suara yang khas dan pertama kali diperkenalkan kepada penikmat musik pada akhir tahun 1990-an. Dengan konfigurasi bass yang terdistorsi dan tidak rata, subtipe EDM dubstep beroperasi pada 140 bpm. Uniknya, waktu dubstep selama playback bisa dikurangi setengahnya.

Pada poin ini, dapat dikatakan bahwa beberapa kartu didominasi oleh lagu-lagu dubstep. Misalnya, banyak lagu yang diciptakan sebagai karya musisi terkenal seperti Knife Party, Zedd, dan Skrillex. Untuk memahami DUbstep sub-genre EDM, Anda dapat memutar lagu-lagu Skrillex dan Zedd di platform musik.

Baca Juga : Lagu Sonny Moore “Skrillex” Yang Wajib Kamu Tahu

Ternyata subgenre yang ada di musik EDM cukup banyak bukan? Dan sementara sub-musik musik EDM tidak terbatas, ada jauh lebih banyak daripada yang diketahui di atas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua audiophiles.